Pengertian Hardiknas Sejarah dan Peringatan Hardiknas 2017

Posted on

Hardiknas 2017 tepatnya pada tanggal 2 Mei 2017 Dalam perayaan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi Inspektur upacara dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) Tahun 2017 di Lapangan KORPRI Lampung. Pada peringatan yang mengusung tema “ Percepatan pendidikan yang Merata dan Berkualitas” turut hadir jajaran Fokorpimda beserta ratusan Pelajar di Provinsi Lampung. Sebelum kita lanjut Pusatpengertian akan sedikit mengupas tuntas tentang sejarah Hardiknas dan pengertian hardiknas 2017 saat ini. Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

 Pengertian Hardiknas 2017

Pengertian HARDIKNAS

Terlepas dari kata orang, semua kalimat tadi saya induksi menjadi beberapa kata: waktunya untuk merefleksikan pendidikan nasional kita.
Ketika kita merefleksikan sesuatu, kita bertanya…?
  • Tentang Pendidikan
Berbagai definisi tentang pendidikan menurut para ahli bisa dengan mudah kita dapatkan ketika kita mengetikkan “definisi pendidikan” dalam situs pencarian manapun di internet.
  • Langeveld, seorang Doktor di bidang pendidikan dari Universitas Utrecht, Belanda berpendapat: 

Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.

  • J.J. Rousseau, 

filsuf yang mashur dengan karena dianggap sebagai seorang yang menjadi pemantik meletusnya Revolusi Prancis berpendapat : Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.

  • Ki Hajar Dewantara, 

Yang ulang tahun hari kelahirannya diperingati sebagai HarDikNas berpendapat: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

  • Menurut UU No. 20 tahun 2003, 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. 

Baca Juga : Pengertian Hak Angket Serta Definisi Dari Berbagai Sumber

Sejarah Hardiknas sumber dari Wikipedia

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei,

Bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialismeBelanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Semoga dengan diberikannya pengertian Hardiknas 2017 di atas dapat menjadi ilmu bermanfaat dan menjadi pengetahuan kita semua. Kalau ada salah atau pengertian mohon dimaafkan itu hanya dari saya, kritik san sarannya kami harapkan.

One thought on “Pengertian Hardiknas Sejarah dan Peringatan Hardiknas 2017

  1. I see your website needs some unique & fresh content. Writing manually
    is time consuming, but there is solution for this
    hard task. Just search for – Miftolo’s tools rewriter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *