Pengertian Hak Angket Beserta Definisi Dari Berbagai Sumber

Posted on

Pengertian HAK ANGKET ≈ Sekarang ini kita sering mendengar dan kita lihat di berita diTelevisi tentang HAK ANGKET, Tetapi kita belum mengetahui apa itu Pengertian Hak Angket , Secara Umum Hak Angket dalam ketatanegaraan Indonesia, adalah salah satu hak DPR untuk menyelidiki masalah yang pelaksanaannya dianggap telah menyimpang dari persetujuan antara pemerintah dan DPR (parlemen), sesuai dengan ketentuan Undang-Undang. Tidak seperti Konstitusi RIS 1949 (yang termuat dalam pasal 121) dan UUDS 1950 (yang termuat dalam pasal 70), UUD 1945 yang dipegang sampai sekarang tidak mencantumkan hak angket sebagai salah satu hak DPR. Namun demikian, tidak berarti bahwa DPR RI tidak mempunyai hak angket.

Pengertian Hak Angket

Yang Jadi Pertanyaanya Sekarang :

  • pengertıan hak angket
  • arti hak angket
  • apa itu hak angket
  • hak angket
  • hak angket adalah
  • hak angket artinya
  • apa arti hak angket
  • hak angket DPR
  • arti dari hak angket
  • maksud hak angket

 

Pengertian HAK ANGKET Dalam DPRD

Hak angket adalah hak DPRD untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah kabupaten/kota yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan masyarakat, daerah, dan negara yang diduga bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Definisi Hak Angket

Berikut adalah beberapa pengertian Hak Angket yang dikutip dari berbagai sumber yang antara lain adalah :
  • Pengertian Hak angket adalah perangkat untuk merealisasikan fungsi DPR. Selain hak kelembagaan, hak perseorangan (anggota) juga menjadi alat untuk merealisasikan melaksanakan fungsi DPR seperti hak mengajukan usul rancangan undang-undang, hak mengajukan pertanyaan, hak menyampaikan usul dan pendapat.

 

  • Hak angket adalah merupakan hak untuk mengetahui keadaan pemerintahan baik dalam rangka mengetahui pelaksanaan pemerintahan maupun untuk mencari bahan-bahan untuk merumuskan kebijakan, atau untuk memberikan persetujuan atau pertimbangan mengenai orang, keadaan atau suatu peristiwa. Hak angket bukan hak untuk mengetahui mengenai kemungkinan telah terjadi tindak pidana atas suatu kasus.

 

  • Pasal 77 ayat (3) UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang menyebutkan ‘Hak angket ... adalah hak DPR untuk melaksanakan penyelidikan terhadap pelaksananaan suatu undang-undang dan/atau kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan’. Rumusan ketentuan ini memang tidak bersangkutan dengan pelaksanaan fungsi legislasi. sehingga tidak mengherankan apabila keberadaan hak angket dianggap tidak bersangkutan dengan pelaksanaan fungsi legislasi. Padahal, hak ini dapat dipergunakan sebagai sarana melakukan evaluasi, menemukan gagasan untuk menciptakan atau mengubah UU yang ada. Karena hak ini tidak pernah dipergunakan untuk mencari bahan-bahan untuk merumuskan kebijakan, DPR kerapkali kehilangan ide dan gagasan, kesulitan menggunakan hak mengajukan usul rancangan UU.

Ada juga yang mengartikan

Pengertian Hak angket merupakan hak untuk melakukan penyelidikan tentang sesuatu hal dan memutuskan pelaksanaan suatu UUD dalam kebijakan pemerintah .

Sedangkan Pengertian Hak Interpelasi merupakan hak untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijkan pemerintah .

Dalam tata tertib itu dikatakan, antara lain, bahwa sejumlah anggota yang tidak hanya terdiri atas satu fraksi dapat mengusulkan untuk mengadakan penyelidikan terhadap sesuatu. Usui itu harus dinyatakan dalam suatu perumusan yang memuat dengan jelas hal yang harus diselidiki, disertai penjelasan dan rancangan biaya, dan dikirimkan kepada pimpinan DPR. Pimpinan DPR akan membagikannya kepada anggota dan Presiden.

Di dalam hukum acara pidana pun dikenal istilah angket,

Yakni angket valetudiner, yang berarti pemeriksaan saksi-saksi sementara sebelum acara perkara dimulai atau sebelum pemeriksaan saksi-saksi resmi dilakukan. Hal ini dilakukan jika ada kekhawatiran bahwa saksi-saksi, keterangan-keterangan atau bukti-bukti yang penting akan hilang, misalnya bila saksi sakit keras, sudah sangat tua, sehingga dikhawatirkan meninggal dunia, atau saksi akan pergi ke luar negeri.

Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Hak Angket Beserta Definisi Dari Berbagai Sumber Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *