Pengertian Puasa Ramadhan 2017 Niat Dan HikmaNya

Posted on

Puasa Ramadhan 2017 ≈ Assalamualaikum.wr.wb pada kesempatan kali ini saya bermaksud ingin menjelaskan sedikit mengenai Puasa Ramadhan, kita sudah tahu bahwa bulan puasa atau bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan penuh hikmah, namun apakan anda semua tahu arti dari puasa tersebut, dan juga Puasa ramadhan 2017 belum bisa kita pastikan jatuh pada tanggal berapa. Pasalanya, MUI sampai saat ini belum mengeluarkan fatwa kapan tepatnya kita akan memulai puasa ramadhan. Sebelumnya, pihak dari Muhammadyah telah menentukan awal puasa ramadhan jatuh pada tanggal 27. Banyak kaum muslim di indonesia berharap agar ramadhan kali ini semua umat islam yang ada indonesia bisa menjalankannnya secara bersamaan.

Puasa Ramadhan

Mari kita simak Apa itu arti dari Puasa Ramadhan...?

Pengertian Puasa Ramadhan

  • Puasa dalam Bahasa Arab berasal dari kata soum atau siyam yang artinya sama dengan imsak yaitu menahan
  • Sedangkan menuru istilah syariat islam puasa adalah suatu amal ibadah yang dilakukan denggan  menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari disertai sengan niat karena Allah dengan syarat dan rukun tertentu.
  • Ramadhan berarti panas terik dari sengatan matahari/ membakar/ bulan yang membakar dosa.
  • Puasa Ramadhan Menurut WikipediaPuasa Ramadhan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan.[1] Menurut ajaran Islam puasa bulan Ramadhan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini.[1] Namun harus dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT.[1] Puasa pada bulan Ramadhan merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang keempat.[2] Menurut ajaran Islam puasa pada bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan.[3] Sehingga jika dengan sengaja tidak melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan maka seseorang tersebut akan berdosa sesuai dengan Firman Allah dalam Qur'an Surah Al-Baqarah 2:183 yaitu Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelium kamu, agar kamu bertaqwa.[3] Puasa Ramadhan merupakan rutinitas yang ibadah yang tidak bisa ditinggalkan dalam setiap tahunnya karena hukumnya yang wajib.[3] Puasa Ramadahan ialah puasa yang dilaksanakan dari mulai fajar hingga terbenam matahari.[3] Di bulan Ramadhan inilah seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa jika tidak mampu maka diharuskan untuk mengganti puasa tersebut pada hari-hari yang lain.[4]

Jadi puasa ramadhan adalah suatu amal ibadah puasa yang dilakukan dalam bulan ramadhan.

Ramadhan merupakan sebuah nama bulan yang kesebilan dalam kalender Islam. Ramadhan didahului bulan Sya’ban dan diikuti oleh Syawal. Jadi puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh orang-orang Islam. Puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam. Dalam hadist Imam Bukhari, puasa Ramadhan disebutkan pada nomor yang kelima setelah ibadah haji, sedangkan Imam Muslim meletakkannya pada nomor yang ke-4 setelah membazar zakat.

Islam itu dibangun di atas lima perkara:

  1. Persaksian bahwa tiada tuhan (yang benar untuk diibadahi) kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Utusan Allah,
  2. Mendirikan shalat
  3. Membayar zakat
  4. Ibadah haji dan
  5. Puasa Ramadhan.

 

Baca Juga :

 

Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan untuk satu bulan(dibaca pada awal ramadhan):

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa

"Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"

Niat puasa Ramadhan harian (dibaca setiap hari):

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ االشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita'ala

"Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala".

 

Hikmah-hikmah berpuasa

Berpuasa disamping dapat menambah takewa pada Allah, juga mengandung beberapa hikmah diantaranya sbb:

  1. Akan timbul rasa hibah terhadap fakir miskin yang sering kali tidak makan sehingga timbul keinginan untuk menolong.
  2. Dapat mendidik diri untuk bersabar dalam menghadapai cobaan dan penderitaan. Sebab orang yang berpuasa itu harus mampu menahan penderitaan lapar dan haus, sehingga akan terlatih kesabaran hatinya.
  3. Dapat mendidik diri untuk bersifat amanah dan percaya diri. Karena orang yang berpuasa dengan menahan lapar dan haus tidak ada orang yang tahu kecuali hanya Allah, sehingga akan terlatih sifat amanah dan percaya dirinya.
  4. Dapat mendidik untuk tidak berbuat dusta dan berkata keji
  5. Dapat memelihara kesehatan tubuh.

 

Semoga dengan diberikannya pengertian puasa ramadhan di atas dapat menjadi ilmu bermanfaat dan menjadi amal ibadah bagi saya. Kalau ada salah atau pengertian mohon dimaafkan itu hanya dari saya dan kalau ada yang benar itu dari alloh dan rosul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *