Pengertian Puasa Rajab Hukum Niat dan Tata Cara menjalankannya

Posted on

Pengertian Puasa Rajab - 1 Rajab 1436 Hijriah yang menurut kalender umat Islam jatuh pada hari Senin (29/03/2017) kemarin membuat banyak orang yang bertanya-tanya apakah hukum mengerjakan puasa Rajab itu, apakah wajib, sunnah, makruh, atau haram. Serta bagaimanakah niat puasa bulan Rajab , Keutamaan Rajab , doa bulan rajab ,  tata cara menjalankan puasanya dan kapan mulai puasa rajab 2017 ini ? . Pusat Pengertian akan sedikit membahas Pengertian Puasa Rajab, Bulan Rajab adalah termasuk kedalam empat bulan haram bersama Dzulqo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Menjalankan puasa di bulan Rajab menjadi sesuatu yang tidak tepat jika seorang muslim menganggap, kekhususan puasa Rajab setara dengan puasa bulan Ramadhan.

Pengertian Bulan Rajab

Pengertian Puasa Rajab Menurut Islam

Rajab adalah bulan ke tujuh dari penggalan Islam qomariyah (hijriyah). Peristiwa Isra Mi’raj  Nabi Muhammad  shalallah ‘alaih wasallam  untuk menerima perintah salat lima waktu terjadi pada 27 Rajab ini.

Bulan Rajab juga merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam tradisi Islam dikenal ada empat  bulan haram, ketiganya secara berurutan  adalah: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan satu bulan yang tersendiri,  Rajab.

Dinamakan bulan haram karena pada bulan-bulan tersebut orang Islam dilarang mengadakan peperangan. Tentang bulan-bulan  ini, Al-Qur’an menjelaskan:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Baca Juga Artikel yang terkait :

  • Hukum - Hukum Puasa Rajab
  • Niat Puasa Rajab
  • Tata Cara Melaksanakan Puasa Rajab

Keistimewaan Puasa Rajab

Banyak sekali keistimewaan yang diperoleh apabila kita mau menunaikan puasa Rajab, Salah Satunya adalah sebagai berikut:

1.) Laksana puasa sebulan.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya."
HR. At-Thabrani

2.) Mencatat Amalnya selama 60 Bulan.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan." Abu Hurairah.

3.) Puasa 7 hari pada bulan Rajab akan menutup pintu neraka baginya.

4.) Puasa 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5.) Puasa 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6.) Puasa sehari pada bulan Rajab akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga.

7.) Rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut."

Itulah Pembahasan tentang  Pengertian Bulan Rajab. Semoga apa yang dibahas bersama diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *